Sabtu, 09 Februari 2019

Tips Mengecilkan Betis

Tips Mengecilkan Betis - Sejumlah wanita seringkali merasa tidak puas dengan ukuran betis mereka. Bahkan beberapa dari mereka yang mempertimbangkan untuk melakukan tidakan pembedahan betis agar terlihat lebih langsing. Namun sebenarnya banyak cara yang lebih sederhana dan mudah untuk mengecilkan betis. Untuk mengetahui Tips Mengecilkan Betis yang tepat untuk anda, pelajari dulu kemungkinan penyebab besarnya ukuran betis :

1. Genetik

Perhatikan ukuran betis orangtua atau saudara anda, bila ukurannya cenderung besar maka penyebab besarnya ukuran betis anda bisa jadi adalah genetik. Oleh karena itu, tidak banyak yang bisa dilakukan untuk mengecilkannya. Anda hanya perlu menghindari gerakan-gerakan atau latihan yang dapat membuat betis anda membesar.

2. Olahraga

Aktivitas repetitif seperti berdiri atau berjalan dengan bertumpu pada telapak kaki bagian depan (bagian telapak kaki yang langsung terhubung dengan jari kaki) dapat menyebabkan membesarnya otot betis. Hindari semua aktivitas yang menggunakan daerah tersebut, seperti berjinjit dan menggunakan sepatu hak tinggi.

3. Gaya Berjalan

Gaya berjalan anda bisa menjadi penyebab kerja otot betis menjadi lebih berat. Hal ini bisa diesbabkan karena anda terlalu mengkompensasi otot-otot di sekita otot betis yang lebih lemah. Bila otot pada bagian depan kaki anda (contoh : otot tibialis anterior yang fungsinya bertolak belakang dengan otot betis) cenderung lemah atau terlalu tertarik, coba luruskan terlebih dahulu agar dapat membantu pemanjangan otot betis.

4. Jaringan Lemak

Penyebab lain dari besarnya otot betis adalah banyaknya lemak di area tersebut sehingga membuatnya terlihat lebih besar. Semua orang memiliki area dimana lemak yang tertumpuk paling banyak jumlahnya dibanding area lain. Sayangnya, area betis adalah salah satu area terakhir yang akan mengecil bila terjadi penurunan berat badan.

Tips dan Cara Mengecilkan Betis :

1. Lari Pelan Jarak Jauh

Lari adalah cara yang efektif untuk mengecilkan kaki dan betis. Caranya adalah dengan berlari pelan tetapi dengan jarak yang panjang. Hindari lari cepat / sprint yang justru akan memperbesar ukuran betis. Untuk mengecilkan betis, lakukan latihan kardio tanpa resistensi, yaitu dengan berlari pada alas yang datar. Latihan ini dapat mengecilkan kaki dan betis, sekaligus mengencangkannya. Berlari pelan dapat mengecilkan ukuran otot betis dan mengurangi jaringan lemak yang ada di sekitarnya.

2. Hindari Aktivitas yang Mengandalkan Kekuatan dan Kecepatan Otot Kaki

Aktivitas-aktivitas tersebut dapat memperbesar otot betis. Contohnya adalah berjalan mendaki bukit atau latihan kardio intensitas tinggi.

3. Hindari Latihan Beban Pada Otot Betis

Bila ingin latihan beban pada otot betis, gunakan beban yang ringan. Beban yang berat akan cenderung memperbesar otot betis.

4. Latihan Memutar Pergelangan Kaki

Duduk di kursi dengan punggung tegak dan bersandar pada punggung kursi. Lalu putar pergelangan kaki kiri sesuai arah jarum jam. Lakukan sebanyak 6 kali. Lanjutkan dengan gerakan melawan arah jarum jam selama 6 kali. Kemudian lakukan gerakan yang sama pada pergelangan kaki kanan.

5. Pilates

Pilates adalah latihan yang sangat baik untuk membentuk dan memperpanjang betis, kaki, dan seluruh tubuh.

6. Hindari Sepatu Hak Tinggi

Menumpukan berat tubuh pada telapak kaki bagian depan dapat memperbesar otot betis.

7. Hindari Gerakan Melompat Dengan Intensitas Tinggi

Contohnya adalah lompat tali. Sebaliknya, berenang, berjalan santai, cross-training­ merupakan cara-cara yang baik untuk mengecilkan otot betis. Namun jangan lupa mengecilkan atau menghilangkan sama sekali resistensinya. Jangan lakukan latihan dengan intensitas yang lebih tinggi, cukup panjangkan waktu latihan. Berjalan dapat mengecilkan kaki bagian bawah dengan memperpanjang otot-otot di antara belakang lutut dengan pergelangan kaki.

8. Hindari Alat Stepper dan Alat Latihan Panjat

Karena latihan jenis ini bertujuan untuk memperbesar ukuran betis.

9. Stretching

Stretching membuatotot-otot besar terlihat lebih panjang dan langsing. Latihan stretching yang sangat disarankan untuk memperkecil otot betis adalah wall push-up. Caranya :
-    Berdiri menghadap dinding dengan kaki kanan 30 cm dari dinding dan kaki kiri 90 cm dari dinding.
-    Kaki kiri harus lurus, kaki kanan ditekuk dan telapak tangan menyentuh dinding.
-    Dengan posisi seperti di atas, sandarkan tubuh anda ke depan.
-    Kedua kaki harus menghadap lurus ke dinding dan tumit menapak tanah.
-    Tahan selama 15-30 detik, kemudian ganti posisi kaki.
-    Anda harus merasakan penarikan otot-otot belakang kaki.

Untuk anda yang bermasalah dengan bentuk betis, tertarik untuk mencoba Tips Mengecilkan
Betis yang disebutkan diatas? . Selamat mencoba ya !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar